Rabu, 14 Desember 2016

Pengantar OpenGL Pada Visual C++ Grafika Komputer

Hari pertama Praktikum Grafika komputer. Pak dosen muda ini mengenalkan saya sebuah tools visual yang menggunakan bahasa pemrograman c++. Dulu saat kuliah dasar-dasar pemrograman compile atau tools yang digunakan adalah Borland dan dev c++, rupanya pada praktikum mata kuliah grafika lanjut ini bahasa C++ yang sudah hampir saya lupakan ternyata harus digunakan kembali dan repotnya saya harus mengingat-ingat kembali.

Penasaran dengan Visual C++ akhirnya saya Googling. Berikut ini hasilnya.

Kelebihan Visual C++
C++ adalah bahasa pemrograman yang populer saat ini Dengan  banyaknya  programmer  bahasa  C++,  membawa  pengaruh  pada semakin banyaknya kompiler yang dikembangkan untuk berbagai platform (berpengaruh ke portabilitas). 
C++ adalah bahasa pemrograman yang memiliki portabilitas tinggi Program C++ yang kita tulis untuk satu jenis platform, bisa kita kompile dan jalankan di platform lain dengan tanpa ataupun hanya sedikit perubahan. Ini bisa diwujudkan dengan adanya standarisasi ANSI untuk C++. 
C++ adalah bahasa pemrograman dengan kata kunci (keyword) sedikitKata  kunci  disini  adalah  merupakan  fungsi  ataupun  kata  dasar  yang disediakan  oleh kompiler suatu  bahasa  pemrograman.  Hal  ini  membawa pengaruh semakin mudahnya kita menulis program dengan C++. Pengaruh lain dari sedikitnya kata kunci ini adalah proses eksekusi program C++ yang sangat cepat. 
C++ adalah bahasa pemrograman yang fleksibelDengan  menguasai  bahasa  C++,  kita  bisa  menulis  dan  mengembangkan berbagai jenis program mulai dari operating system, word processor, graphic processor, spreadsheets, ataupun kompiler untuk suatu bahasa pemrograman.
C++ adalah bahasa pemrograman yang bersifat modulerProgram  C++  ditulis  dalam  routine  yang  biasa  dipanggil  dengan  fungsi. Fungsi-fungsi yang telah kita buat, bisa kita gunakan kembali (reuse) dalam program ataupun aplikasi lain. (mas-andes).

Pada praktikum grafika komputer ini menggunakan OpenGL (Open Graphich Library) untuk membuat sebuah aplikasi berbasis grafik, baik itu dua dimensai atau pun grafik tiga dimensi.  

Pengertian OpenGL

OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah lintas-bahasa, lintas platform API untuk mengembangkan aplikasi yang menghasilkan grafis komputer 2D maupun3D. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang adegan-adegan kompleks dari bentuk-bentuk primitif sederhana. 

OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992 dan secara luas digunakan dalam CAD, realitas maya, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game, di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi konsorsium nirlaba yaitu Khronos Group.

Source Code dan Penjelasan Singkat.

#include <windows.h>
#include <stdio.h> 
#include <stdlib.h> 
#include <string.h>
#include <stdarg.h>
#include <glut.h>

Kode program diatas berfungsi untuk import library yang akan digunakan
<stdlib> digunakan untuk membersihkan layar sama dengan <windows.h>
<string> library yang menyimpan fungsi-fungsi dalam penangan string atau substring
<Stdarg.h> librar yang mengijinkan pendefinisian angka
<glut>library grafik dari opengl


void mydisplay()  {  glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); // Menghapus layar 
glBegin(GL_POLYGON);  glVertex2f(-0.5, -0.5);
glVertex2f(-0.5, 0.5);
glVertex2f(0.5, 0.5);
glVertex2f(0.5, -0.5);
glEnd();
glFlush();  } 

void mydisplay() merupakan method yang digunakan untk membuat sebuah persegi
glBegin(GL_POLYGON) sintaks untuk memulai membuat ambar poligon/segi empat

 
int main(int argc, char** argv)  {
      printf("Imam Muamar Kharisma ");
glutCreateWindow("Praktikum01"); 
glutDisplayFunc(mydisplay); 
glutMainLoop();  }
int main() merupakan method utama untuk mengeksekusi keseluruhan programprintf() merupakan sintaks untuk menampilkan teks di consoleglutCreateWindow("Praktikum01");  membuat jendela aplikasi
glutDisplayFunc(mydisplay) berfungsi untuk memanggil method
glutMainLoop() merupakan sntaks untuk mengulang fungsi lain.

Screen Shot :



Semoga Bermanfaat Guys !


Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: