Rabu, 14 Desember 2016

Kuliah perdana ini disuguhi dengan bahasa pemrograman C++. Dikampus saya bahasa c++ merupakan dasar dari pengenalan pemrograman pada mata kuliah dasar-dasar pemrograman. Bagi awam seperti saya memang cukup kesulitan untuk memahami bahasa tingkat menengah ini. So Lets Talk About C.

To The Point !

Sekilas Perkembangan Bahasa C

Bahasa C adalah hasil dari pengembangan bahasa B yang ditulis oleh Ken Thompson pada tahun 1970. Bahasa C sendiri ditulis pertama kali oleh Brian W, Kernighan dan Denies M. Ritchie pada tahun 1972. Ketika pertama kali ada bahasa C dioperasikan di atas sistem operasi UNIX.

Berbicara soal bahasa pemrograman dapat dikatikan tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman dikategorikan menjadi bahasa mesin, bahasa tingkat rendah, bahasa tingkat menengah, bahasa tingkat tinggi. Bahasa C sendiri merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah yang berada d antara bahasa tingkat rendah dan tingkat tinggi.

Mengenai fungsi dan kegunaannya bahasa C mempunyai banyak kemampuan untuk membuat sebuah perangkat lunak sepert Word Star, dBASE dan lain-lain.

Selanjutnya pada tahun 1980 seorang ahli yang bernama Bjarne Stroustrup mengembangkan beberapa hal dari bahasa pemrograman C yang kemudian disebut dengan c with Classes yang pada akhirnya pengembangan ini membuat bahasa C pada tahun 1981 berubah nama menjadi c++.
Ada konsep yang cukup dikenal dalam bahasa c++ yaitu Object Oriented Programming atau biasa disingkat dengan OOP. Tujuan utama dari konsep OOP ini yaitu untuk memantu dalam membuat serta mengelola sebuah program yang besar dan kompleks menjadi lebih efisien.

Fungsi Standar Bahasa C

Ada beberapa fungsi standar yang biasa digunakan dalam bahasa C seperti main(), printf, getch dan lain-lain. Fungsi main() merupakan fungsi yang cukup istimewa karena fungsi ini merupakan fungsi utama dalam setiap program bahasa C. Fungsi main() bersisi rutin utama dalam sebuah program yang akan dijalankan ketika bahasa C dieksekusi. Jadi semua kontrol alur dan proses program berada pada fungsi main().  Mengenai fungsi standar bahasa C nanti akan dibahas khusus. 

Implementasi Bahasa C++

Kegunaan serta fungsi bahasa C++ ini benar-benar telah teruji diberbagai bidang seperti bidang industri, pertanian, bisnis dan lain-lain. Didunia robotik dan mikrokontroler bahasa C++ merupakan bahasa yang wajib dikuasai oleh para programmer yang ingin membuat suatu project. Ada banyak yang bisa diterapkan menggunakan  bahasa C seperti pada traffic Light dan alat elektronik lainnya. 

Semoga Bermanfaat Guys ! 



Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: