Minggu, 26 Februari 2017

Rancangan Usaha Kripik Nanas (Tugas Studi Kelayakan Bisnis)

RANCANGAN USAHA
KERIPIK NANAS
  
Mata Kuliah
STUDI KELAYAKAN BISNIS
 
Diusulkan oleh:
Imam Muamar Kharisma
14051293



FAKULTAS EKONOMI
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
UNIVERSITAS MERCU BUANA
YOGYAKARTA
2016


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Electronic Commerce atau bahasa sederhananya perdangangan yang menggunakan media elektronik yang terhubung dengan sebuah jaringan internet sangat mendukung dalam peningkatan, pengembangan suatu perusahaan.  Tidak sedikit perusahaan besar yang menggunakan kecanggihan serta kemudahan teknologi ini untuk dimanfaatkan dalam perusahaan mereka. 

Dalam hal ini adalah kedai-nanas.com yang memanfaatkan kecanggihan serta kemudahan teknologi tersebut dalam meningkatkan penjualan, serta mengembangkan perusahaan yang khusus mengolah buah nanas si madu yang berasal dari Kabupaten Subang. Keistimewaan dari buah nanas si madu ini yaitu lebih manis dari buah nanas lainnya. Untuk saat ini di Kabupaten Subang hanya di kenal dengan dodol nanasnya. Dan proses penjualannya masih konvensional. Kemungkinan besar calon pembeli hanya hanya warga daerah sekitar Kabupaten Subang saja atau dari wisatawan yang berkunjung ke Daerah Kabupaten Subang. Dengan menerapkan model business to customer berbasis e-commerce diharapkan skala penjualan semakin luas tentunya dengan biaya yang sangat murah.

Selain potensi untuk mendapatkan profit, pengolahan produk berbahan nanas ini juga sebagai bentuk pemanfaatan komoditi pertanian, dalam hal ini adalah Kabupaten Subang yang notabene di kenal sebagai daerah penghasil nanas si madu dengan kualitas yang telah menembus pasar internasional. Berdasarkan data dari Dinas Kabupaten Subang data ekspor nanas subang dari kelompok Tani Dewi Pohaci Subang. Mulai dari januari sampai pertengahan Desember 2008 sedikitnya telah 20 ton perbulannya di ekspor ke negara-negara besar seperti Korea, Iran, Arab Saudi dan Mesir. Di tambah lagi dengan nanas yang di pasarkan di dalam negri. Berikut ini data panen nanas dari berbagai kecamatan di Kabupaten Subang :

Tabel 1.1  Sentra Produksi Nenas di Kabupaten Subang Tahun 2014
Kecamatan
Luas Areal (Ha)
Produksi (Ton)
Jalancagak
2.608
98.880,0
Sagalaherang
12
450,0
Cijambe
133
4.987,5
Cisalak
500
18.750,0
Jumlah
3.253
123.067,5
      Sumber : Dinas Pertanian Daerah Kabupaten Subang, 2014

Kabupaten Subang sebagai sentra produksi nanas terbesar di Jawa Barat, memiliki potensi akses pasar yang sangat baik untuk pengembangan komoditas nanas, selain itu juga secara geografis subang mempunyai letak yang sangat strategis, berjarak 161 km dari Jakarta dan 58 km dari Bandung. 

Minimnya kreativitas pengolahan buah nanas di daerah penghasil nanas terbesar di Jawa Barat ini memberikan peluang bisnis yang sangat besar untuk menembus taraf internasional. Dalam hal ini adalah kedai nanas akan mengolah nanas menjadi produk makanan yang akan di pasarkan menggunakan model bussines to customer berbasis e-commerce di harapkan mampu menjangkau pasar nasional mau pun internasional. Dan produk hasil olahan nanas bisa di kenal dan dinikmati oleh seluruh masyarakat. 

B. Rumusan Masalah
Karena berlokasi di daerah penghasil nanas terbesar di Jawa Barat, di tambah usaha masyarakat Kabupaten Subang yang sebagian besar tidak memanfaatkan potensi nanas ini, bagaimana usaha pengolahan nanas ini menjadi usaha yang mampu menangkap pasar  

C. Tujuan 
a. Meningkatkan dan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berwirausaha.
b. Meningkatkan dan mengembangkan sumber daya manusia dalam berwirausaha terutama dalam pengolahan produk berbahan nanas.
c. Ikut serta mengembangkan produktivitas nanas sebagai ciri khas Kabupaten Subang

D. Luaran
Berdasarkan latar belakang di atas, membuka usaha kripik nanas di harapkan mampu  menjadi unit usaha baru yang lebih produktif dan dapat di terima di pasar kuliner nusantara. Untuk perkembangan selanjutnya, usaha ini  diharapkan dapat menghasilkan produk makanan lain dari bahan olahan nanas yang lebih inovatif serta kaya akan  manfaat bagi masyarakat. 

E. Kegunaan
1. Membuka kreativitas dan daya inovasi ang tinggi bagi mahasiswa
2. Membuka wawasan dan keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha
3. Memberikan kontribusi bagi pemerintah dalam mengatasi pengangguran

Selengkapnya silahkan download disini "Download Rancangan Usaha Krippik Nanas"





Previous Post
Next Post

post written by:

4 komentar: