Rabu, 14 Desember 2016

Definisi, Konsep dan Fungsi Bisnis

Via : icoachrealcoach.com
Bisnis secara etimologi artinya keadaan seseorang atau sekelompok orang yang melakukan pekerjaan atau kegiatan dengan tujuan menghasilkan keuntungan. Kada bisnis sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung pada skupnya. Penggunaan kata bisnis dapat merujuk pada sebuah badan usaha seperti kesatuan yuridis (hukum), ekonomis, tekniks dan bertujuan mencari keuntungan.

Pengertian Bisnis

Dari sudut pandanga ekonomi, kata bisnis didefinisikan sebagai suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Sudut pandang historis bisnis berasal dari kata Inggris yang berarti “sibuk” dalam komunitas, masyarakat atau pada konteks individu. Artinya aktivitas dan pekerjaan sibuk yang membawa keuntungan.

Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli

Businessdictionary, bisnis adalah organisasi atau sistem ekonomi di mana barang dan jasa dipertukarkan dalam bentuk uang. Bisnis memerlukan investasi yang besar dan pelanggan untuk menjual output pada sejumlah tertentu untuk mendapatkan (menghailkan) keuntungan. Bukan untuk keuntungan pribadi namun bisnis dapat dimiliki secara pribadi.

Prof.L.R.Dicksee, bisnis adalah bentuk kegiatan yang terutama ditujukan untuk menguntungkan mereka yang mencari atau tertarik dengan terjadinya peristiwa tersebut.

Prof.Owen, bisnis adalah sebuah perusahaan yang terkait dengan produksi dan distribusi barang untuk dijual ke pasar atau harga setiap layanan.

Kurang lebih kesimpulan yang dapat diambil dari pengertian bisnis yang telah disebutkan diatas yaitu bahwa bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.  

Konsep Bisnis

Suatu konsep bisnis di era sulit terdiri dari empat komponen utama, yaitu strategi inti (Core Strategy), sumber daya strategis (Strategic Resources), perantara pelanggan (Customer Interface) dan jaringan nilai (Value Network). Komponen pertama dari konsep bisnis ini adalah strategi inti (Core Strategy), yang merupakan inti dari bagaimana suatu perusahaan memilih cara untuk berkompetisi (msuyanto.com, 2009) .

Visi bisnis merupakan apa yang diinginkan perusahaan yang bersifat ideal dan misi bisnis merupakan operasionalisasi dari visi bisnis. Visi dan misi bisnis ini akan mengarah pada pernyataan nilai, kehendak strategi, tujuan dan sasaran yang besar, banyak dan berani serta semua sasaran kinerja.
http://www.icoachrealcoach.com/uploads/2015/09/bisnis.jpg
Komponen kedua dari suatu konsep bisnis di era sulit adalah sumberdaya strategis (Strategic Resources), yang terdiri dari kompetensi inti, aset-aset strategis dan proses inti. Komponen ketiga perantara pelanggan (Customer Interface) yang mempunyai empat elemen, yaitu dukungan dan pemenuhan, informasi yang mendalam, dinamikan hubungan dan struktur harga. Dan komponen keempat dari model bisnis adalah jaringan nilai yang mengelilingi perusahaan dan yang memperkuat dan melengkapi sumberdaya yang dimiliki perusahaan.

Fungsi Bisnis

Ada banyak sekali fungsi bisnis yang dapat disimpulkan. Namun inti dari fungsi sebuah bisnis yaitu untuk menciptakan nilan (manfaat) suatu produk, yang sebelumnya kurang bernilai, namun setelah melalui proses tertentu produk tersebut mempunyai nilai lebih dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Adapun cara untuk merubah nilai sebuah produk adalah sebagai berikut :
  1. Mengubah bentuknya (form utility), yang tidak lain dari fungsi produksi.
  2. Memindahkan tempat produk itu (place utility), atau fungsi distribusi.
  3. Mengubah kepemilikan (possessive utility), yaitu fungsi penjualan.
  4. Menunda waktu kegunaan (time utility), atau fungsi pemasaran.
  5. Macam-Macam Bisnis


Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: