Selasa, 28 Maret 2017

Aplikasi Gratis Manajemen Usaha Kecil Menengah (UKM)

Setiap organisasi sudah pasti membutuhkan Sistem Manajemen Keuangan, SDM, Pemasaran yang efisien dan efektif. Pengelolaan personalia seperti jam masuk, waktu, kehadiran,rekrutmen, pelatihan, keuntungan, kinerja akan lebih efektif dan efisien jika menggunakan suatu sistem yang dapat mengatur hal-hal tersebut. 

Sayangnya untuk merancang dan membuat sistem yang dapat mengatur keuangan, SDM sampai dengan pemasaran membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bagi perusahaan yang sedang merintis  misal seperti UKM hal tersebut jelas cukup berat. Namun jangan khawatir, ada banyak aplikasi gratis yang tidak kalah lengkap fungsinya dengan aplikasi premium. Aplikasi-aplikasi ini dapat digunakan untuk mengatur SDM dan keuangan UKM atau organisasi profit lainnya. 

Berikut ini daftar aplikasi yang dapat digunakan untuk UKM :

1. Aplikasi Akuntansi Manajer

Aplikasi Akuntansi Manajer merupakan sebuah aplikasi akuntansi yag dapat digunakan di bergabai sistem operasi seperti sistem operasi winwos, ubuntu dan mac. Aplikasi ini cukup tepat untuk membantu pelaku bisnis online shop dalam melakukan pembukuan. 

Ada banyak sekali fungsi dari aplikasi ini. Beberapa fungsi tersebut yaitu  dapat menyimpan seluruh data pendapatan, pengeluaran, dan memelihara basis data klien dengan catatan penjualan. 

Misal seperti pada menu  Money In. Kapanpun waktu menerima uang, fitur Money In akan menyimpan seluruh bukti penerimaan uangnnya. Semua data akan tersimpan lengkap disini. Tidak sampai disitu dari data-data yang tersimpan juga terdapat keterangan yang cukup lengkap. Dimulai dari Sales, Interest Received, Professional Fees, Funds Contributed dan lain-lain. Data-data tersebut bisa digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan UKM. 




2.  SimpleHRM 


SimpleHRM merupakan salah satu aplikasi yang cukup efektif untuk pengelolaan SDM. Aplikasi ini bersifat open source alias gratis ditujukan untuk Usaha Kecil dan Menengah. Ada banyak sekali fitur yang tersedia dalam aplikasi ini misal seperti fitur untuk mengelola informasi karyawan, pengelolaan data cuti karyawan, travel sampai dengan beban manajemen. 



Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: