Minggu, 25 Desember 2016

Pengertian Compiler

Sama halnya seperti Manusia ketika berkomunikasi, alat yang digunakan adalah bahasa. Komputer juga seperti itu. Pada dasarnya komputer mempunyai bahasa sendiri dan memahami satu bahasa dari set sebuah instruktur yang hanya terdiri dari angka 1 dan 0 atau orang-orang sering menyebutnya dengan bahasa mesin.

Sudah lama sekali bahasa pemrograman tingkat tinggi telah dikenalkan di dunia pemrogramana dan C++ merupakan salah satu bahasa yang hingga kini terus dan telah berkembang dari sekian banyak bahasa pemrograman. Dengan adanya perkembangan bahasa pemrograman, proses komunikasi manusia dan mesin semakin mudah.

Compiler atau Kompilator merupakan sebuah program komputer yang berfungsi untuk menterjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu. Sebutan kompilator atau compiler ini biasa digunakan untuk program komputer yang menterjemahkan program yang ditulis dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal, C++, BASIC, FORTAN, Visual Basic, Visual#, Java, Xbase atau Cobol menjadi sebuah bahasa mesin, biasanya bahasa yang digunakan sebagai perantara adalah bahasa Assembly.

Cara kerjana yaitu bahasa pemrograman yang ditulis oleh programmer akan diterjemahkan oleh perangkat lunak ke dalam bahasa mesin sehingga komputer bisa melaksanakan instruksi. Dengan adanya compiler tentu hal tersebut sangat memudahkan para programmer.

Berikut ini 2 Compiler Handal untuk C++

Borland C++ Builder


Kelebihan Borland C++

Sebetulnya ada banyak compiler untuk c++ tapi Saya rasa Borland C++ Builder merupakan compiler yang cukup tangguh dibandingkan dengan Compiler lainnya. Kelebihan utama compiler ini adalah dalam ha kecepatan. Borland C++ memiliki kecapatan dan efisiensi yang cukup baik. Selain itu Borland C++ juga support terhadap banyak sistem operasi seperti DOS, Windows 16bit (Windows 3.0), Windows 32 Bit (Windows NT).

Kelebihan Borland C++

Namun setiap produk apapun pastinya punya kelemahan. Adapun kelemahan yang terdapat dalam Borland C++ yaitu programmer akan merasa kesulitan terutama ketika menyangkut tampilan. Akan lebih mudah jika menggunakan Microsoft Visual C++.
Borland C++ juga dapat dihubungkan terhadap pemrograman database, Borland C++ juga mendukung open program menggunakan Notepad.
Untuk Download Borland C++ Klik link di bawah ini :


DeV C++ Compiler


Sama seperti Borland C++. DeV c++ juga merupakan sebuah compiler atau IDE (Integrated Development Environment) yang artinya program komputer yang memiiki beberapa fasilitas yang diperlukan untuk pembangunan sebuah perangkat lunak.
Berikut ini kelebihan dan Kekurangan DeV C++.

Kelebihan Dev C ++

  1. Bisa menggunakan warna pada program yang kalian buat
  2. gotoxy yang rapih, namun harus membuat modular sendiri untuk gotoxy
  3. jalan di windows 64 bit
  4. dsb


Kekurangan Dev C ++
  1. Tidak adanya menu help
  2. tidak ada gotoxy namun bisa di atasi dengan membuat modular gotoxy
  3. kalau program sudah panjang proses compile cukup lama



Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: