Hari pertama Praktikum Grafika
komputer. Pak dosen muda ini mengenalkan saya sebuah tools visual yang
menggunakan bahasa pemrograman c++. Dulu saat kuliah dasar-dasar pemrograman
compile atau tools yang digunakan adalah Borland dan dev c++, rupanya pada
praktikum mata kuliah grafika lanjut ini bahasa C++ yang sudah hampir saya
lupakan ternyata harus digunakan kembali dan repotnya saya harus
mengingat-ingat kembali.
Penasaran dengan Visual C++ akhirnya saya Googling. Berikut ini hasilnya.
Kelebihan Visual C++
Penasaran dengan Visual C++ akhirnya saya Googling. Berikut ini hasilnya.
Kelebihan Visual C++
C++ adalah bahasa pemrograman yang populer saat ini Dengan banyaknya programmer bahasa C++, membawa pengaruh pada semakin banyaknya kompiler yang dikembangkan untuk berbagai platform (berpengaruh ke portabilitas).
C++ adalah bahasa pemrograman yang memiliki portabilitas tinggi Program C++ yang kita tulis untuk satu jenis platform, bisa kita kompile dan jalankan di platform lain dengan tanpa ataupun hanya sedikit perubahan. Ini bisa diwujudkan dengan adanya standarisasi ANSI untuk C++.
C++ adalah bahasa pemrograman dengan kata kunci (keyword) sedikitKata kunci disini adalah merupakan fungsi ataupun kata dasar yang disediakan oleh kompiler suatu bahasa pemrograman. Hal ini membawa pengaruh semakin mudahnya kita menulis program dengan C++. Pengaruh lain dari sedikitnya kata kunci ini adalah proses eksekusi program C++ yang sangat cepat.
C++ adalah bahasa pemrograman yang fleksibelDengan menguasai bahasa C++, kita bisa menulis dan mengembangkan berbagai jenis program mulai dari operating system, word processor, graphic processor, spreadsheets, ataupun kompiler untuk suatu bahasa pemrograman.
C++ adalah bahasa pemrograman yang bersifat modulerProgram C++ ditulis dalam routine yang biasa dipanggil dengan fungsi. Fungsi-fungsi yang telah kita buat, bisa kita gunakan kembali (reuse) dalam program ataupun aplikasi lain. (mas-andes).
Pada praktikum grafika komputer
ini menggunakan OpenGL (Open Graphich Library) untuk membuat sebuah aplikasi
berbasis grafik, baik itu dua dimensai atau pun grafik tiga dimensi.
Pengertian OpenGL
OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah lintas-bahasa, lintas platform API untuk mengembangkan aplikasi yang menghasilkan grafis komputer 2D maupun3D. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang adegan-adegan kompleks dari bentuk-bentuk primitif sederhana.
OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992 dan secara luas digunakan dalam CAD, realitas maya, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game, di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi konsorsium nirlaba yaitu Khronos Group.
Pengertian OpenGL
OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah lintas-bahasa, lintas platform API untuk mengembangkan aplikasi yang menghasilkan grafis komputer 2D maupun3D. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang adegan-adegan kompleks dari bentuk-bentuk primitif sederhana.
OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992 dan secara luas digunakan dalam CAD, realitas maya, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game, di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi konsorsium nirlaba yaitu Khronos Group.
Source Code dan Penjelasan Singkat.
#include <windows.h>
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
#include <string.h>
#include <stdarg.h>
#include <glut.h>
Kode program diatas
berfungsi untuk import library yang akan digunakan
<stdlib> digunakan
untuk membersihkan layar sama dengan <windows.h>
<string> library yang
menyimpan fungsi-fungsi dalam penangan string atau substring
<Stdarg.h> librar yang
mengijinkan pendefinisian angka
<glut>library grafik
dari opengl
void
mydisplay() { glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); // Menghapus layar
glBegin(GL_POLYGON); glVertex2f(-0.5, -0.5);
glVertex2f(-0.5, 0.5);
glVertex2f(0.5, 0.5);
glVertex2f(0.5, -0.5);
glEnd();
glFlush(); }
void mydisplay() merupakan
method yang digunakan untk membuat sebuah persegi
glBegin(GL_POLYGON) sintaks
untuk memulai membuat ambar poligon/segi empat
int main(int argc, char**
argv) {
printf("Imam Muamar Kharisma
");
glutCreateWindow("Praktikum01");
glutDisplayFunc(mydisplay);
glutMainLoop();
}
int main() merupakan method utama untuk
mengeksekusi keseluruhan programprintf() merupakan sintaks untuk menampilkan
teks di consoleglutCreateWindow("Praktikum01"); membuat jendela aplikasi
glutDisplayFunc(mydisplay)
berfungsi untuk memanggil method
glutMainLoop() merupakan sntaks untuk mengulang
fungsi lain.
Screen Shot :
Semoga Bermanfaat Guys !
0 komentar: